Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemahaman Dan Kegunaan Internet, Intranet Dan Extranet

Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet



Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet -  Internet

Internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia (singkatnya internet atau internet). Gambar ini menawarkan salah satu cara untuk menyaksikan Internet sebagai kumpulan LAN dan WAN yang saling berhubungan. Beberapa contoh LAN terhubung satu sama lain lewat koneksi WAN. WAN lalu dihubungkan satu sama lain. Garis koneksi WAN merah mewakili semua jenis cara kami menghubungkan jaringan. WAN mampu terhubung melalui kabel tembaga, kabel serat optik, dan transmisi nirkabel (tidak ditampilkan).
Internet tidak dimiliki oleh individu atau kalangan mana pun. Memastikan komunikasi yang efektif di seluruh infrastruktur yang bermacam-macam ini membutuhkan penerapan teknologi dan patokan yang konsisten dan diakui secara umum serta kerja sama banyak forum manajemen jaringan. Ada organisasi yang telah dikembangkan dengan tujuan menolong mempertahankan struktur dan standarisasi protokol dan proses Internet. Organisasi-organisasi ini termasuk Internet Engineering Task Force (IETF), Internet Corporation untuk Nama dan Nomor yang Ditugaskan (ICANN), dan Internet Architecture Board (IAB), plus banyak lainnya.
Catatan : Istilah internet (dengan aksara kecil "i") dipakai untuk menggambarkan beberapa jaringan yang saling bekerjasama. Ketika mengacu pada tata cara global jaringan komputer yang saling berafiliasi atau World Wide Web, perumpamaan Internet (dengan abjad besar "I") adalah bekas.

 Internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia  Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet


Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet -  Intranet dan Extranet

Ada dua perumpamaan lain yang seperti dengan ungkapan Internet:
Intranet
Extranet
Intranet adalah istilah yang sering dipakai untuk merujuk ke koneksi eksklusif LAN dan WAN yang milik organisasi, dan dirancang untuk dapat diakses cuma oleh anggota organisasi, karyawan, atau orang lain dengan otorisasi.
Suatu organisasi dapat menggunakan ekstranet untuk menawarkan saluran yang aman dan kondusif ke individu yang bekerja untuk organisasi yang berlainan, namun membutuhkan jalan masuk ke data organisasi. Contoh ekstranet mencakup:
Perusahaan yang menawarkan kanal ke penyedia dan kontraktor luar.
Rumah sakit yang menyediakan tata cara pemesanan kepada dokter sehingga mereka mampu membuat kesepakatan untuk pasien mereka.
Kantor pendidikan setempat yang menawarkan info anggaran dan personil untuk sekolah-sekolah di kabupatennya.

 Internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia  Pengertian dan Kegunaan Internet, Intranet dan Extranet