Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Demam Isu Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Dikala Ini

7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini

 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini 7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini

7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini - Ketika teknologi gres dan perangkat pengguna tamat tiba ke pasar, bisnis dan konsumen mesti terus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang terus berganti ini. Peran jaringan berubah untuk memungkinkan koneksi antara orang, perangkat, dan informasi. Ada beberapa tren jaringan baru yang mau memengaruhi organisasi dan pelanggan. Beberapa tren teratas termasuk:

Bawa Perangkat Anda Sendiri (BYOD) / Bring Your Own Device (BYOD)
Kolaborasi online / Online collaboration
Komunikasi video / Video communications
Komputasi awan / Cloud computing


Bawa perangkat Anda sendiri


 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini 7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini
Konsep perangkat apa pun, untuk konten apa pun, dengan cara apa pun, ialah tren global utama yang membutuhkan pergantian signifikan kepada cara perangkat digunakan. Tren ini dikenal selaku Bawa Perangkat Anda Sendiri (BYOD).

BYOD yaitu perihal pengguna tamat yang mempunyai keleluasaan untuk menggunakan alat eksklusif untuk mengakses informasi dan berkomunikasi lewat jaringan bisnis atau kampus. Dengan kemajuan perangkat pelanggan, dan penurunan biaya terkait, karyawan dan siswa mampu diperlukan memiliki beberapa alat komputasi dan jaringan paling mutakhir untuk penggunaan eksklusif. Alat-alat langsung ini tergolong laptop, netbook, tablet, smartphone, dan e-reader. Ini mampu berupa perangkat yang dibeli oleh perusahaan atau sekolah, dibeli oleh individu, atau keduanya.

BYOD bermakna perangkat apa pun, dengan kepemilikan apa pun, digunakan di mana saja. Misalnya, di periode kemudian, seorang siswa yang perlu mengakses jaringan kampus atau internet harus memakai salah satu komputer sekolah. Perangkat ini lazimnya terbatas dan dilihat selaku alat cuma untuk pekerjaan yang dijalankan di ruang kelas atau di perpustakaan. Konektivitas yang diperluas lewat jalan masuk seluler dan jarak jauh ke jaringan kampus memberi siswa kelonggaran luar biasa dan lebih banyak kesempatan belajar bagi siswa.


Kolaborasi online


 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini 7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini
Individu ingin terhubung ke jaringan, tidak hanya untuk kanal ke aplikasi data, namun juga untuk berkolaborasi satu sama lain. Kolaborasi didefinisikan sebagai "tindakan melakukan pekerjaan dengan orang lain atau orang lain pada proyek bareng ." Alat kerja sama, seperti Cisco WebEx yang ditunjukkan pada gambar, memberi karyawan, siswa, guru, konsumen, dan mitra cara untuk pribadi terhubung, berinteraksi, dan mencapai tujuan mereka.

Untuk bisnis, kerja sama yaitu prioritas penting dan strategis yang dipakai organisasi untuk tetap kompetitif. Kolaborasi juga ialah prioritas dalam pendidikan. Siswa perlu berkolaborasi untuk saling menolong dalam pembelajaran, untuk menyebarkan keahlian tim yang dipakai dalam angkatan kerja, dan untuk melakukan pekerjaan sama dalam proyek berbasis tim.


Komunikasi Video


Tren lain dalam jaringan yang sungguh penting untuk upaya komunikasi dan kerja sama yaitu video. Video digunakan untuk komunikasi, kolaborasi, dan hiburan. Panggilan video mampu dikerjakan ke dan dari mana saja dengan koneksi internet.

Konferensi video yaitu alat yang ampuh untuk berkomunikasi dengan orang lain di kejauhan, baik secara setempat maupun global. Video menjadi kriteria penting untuk kerja sama yang efektif karena organisasi memperluas batas geografis dan budaya. Klik Mainkan pada gambar untuk menyaksikan bagaimana TelePresence mampu dimasukkan ke dalam kehidupan dan bisnis sehari-hari.


Komputasi awan


 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini 7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini
Cloud computing adalah tren global lainnya yang mengubah cara kita mengakses dan menyimpan data. Komputasi awan memungkinkan kita untuk menyimpan file langsung, bahkan menciptakan cadangan seluruh hard disk drive kita di server melalui Internet. Aplikasi mirip pengolah kata dan pengeditan foto dapat diakses memakai Cloud.

Untuk bisnis, Cloud computing memperluas kemampuan TI tanpa memerlukan investasi dalam infrastruktur baru, melatih personel gres, atau melisensikan perangkat lunak gres. Layanan ini tersedia sesuai usul dan diantarkan secara irit ke perangkat mana pun di dunia tanpa mengorbankan keselamatan atau fungsi.

Ada empat jenis primer Awan, mirip yang ditunjukkan pada gambar: Awan Publik, Awan Pribadi, Awan Hibrida, dan Awan Kustom. Klik setiap Cloud untuk mempelajari lebih lanjut.

Komputasi awan dimungkinkan karena pusat data. Pusat data ialah fasilitas yang digunakan untuk menampung sistem komputer dan bagian terkait. Pusat data mampu menempati satu ruangan di sebuah gedung, satu atau lebih lantai, atau seluruh bangunan. Pusat data umumnya begitu mahal untuk dibangun dan dirawat. Karena alasan ini, hanya organisasi besar yang memakai sentra data yang dibangun secara eksklusif untuk menampung data mereka dan menyediakan layanan terhadap pengguna. Organisasi yang lebih kecil yang tidak bisa memelihara pusat data langsung mereka sendiri mampu meminimalisir biaya kepemilikan keseluruhan dengan menyewa server dan layanan penyimpanan dari organisasi sentra data yang lebih besar di Cloud



Tren Teknologi di Rumah


 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini 7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini
Tren jaringan tidak cuma memengaruhi cara kita berkomunikasi di kawasan kerja dan di sekolah, mereka juga mengganti hampir setiap aspek rumah.

Tren rumah modern termasuk 'teknologi rumah akil'. Teknologi rumah pandai yaitu teknologi yang terintegrasi ke dalam peralatan sehari-hari yang memungkinkan mereka untuk saling terhubung dengan perangkat lain, menjadikannya lebih 'arif' atau otomatis. Misalnya, bayangkan bisa mempersiapkan hidangan dan menaruhnya di panggangan untuk memasak sebelum meninggalkan rumah untuk hari itu. Bayangkan jikalau oven 'menyadari' menu yang sedang dimasaknya dan terhubung ke 'kalender acara' Anda sehingga bisa menentukan waktu yang Anda harus makan, dan sesuaikan waktu mulai dan lama memasak sesuai dengan itu. Bahkan mampu menyesuaikan waktu dan suhu mengolah masakan menurut perubahan acara. Selain itu, koneksi ponsel pintar atau tablet memungkinkan pengguna kesanggupan untuk terhubung ke oven secara eksklusif, untuk melaksanakan adaptasi yang diharapkan. Ketika menu "tersedia",

Skenario ini tidak usang. Bahkan, teknologi rumah terpelajar saat ini sedang dikembangkan untuk semua kamar di dalam rumah. Teknologi rumah berilmu akan menjadi lebih dari realita selaku jaringan rumah dan teknologi internet berkecepatan tinggi menjadi lebih luas. Teknologi jaringan rumah gres sedang dikembangkan saban hari untuk menyanggupi jenis kebutuhan teknologi yang meningkat ini.


Jaringan Powerline

 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini 7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini

Jaringan Powerline yaitu tren yang timbul untuk jaringan rumah yang menggunakan kabel listrik yang ada untuk menghubungkan perangkat, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Konsep "tidak ada kabel gres" memiliki arti kemampuan untuk menghubungkan perangkat ke jaringan di mana pun ada outlet listrik. Ini meminimalisir biaya pemasangan kabel data dan tanpa biaya embel-embel untuk tagihan listrik. Menggunakan kabel yang serupa yang menghantarkan listrik, jaringan kabel mengirim isu dengan mengirim data pada frekuensi tertentu.

Menggunakan adaptor kabel listrik tolok ukur, perangkat mampu terhubung ke LAN di mana pun ada outlet listrik. Jaringan Powerline sangat berguna dikala titik akses nirkabel tidak mampu dipakai atau tidak mampu meraih semua perangkat di rumah. Jaringan Powerline tidak dirancang untuk menjadi pengganti pemasangan kabel khusus di jaringan data. Namun, ini ialah alternatif ketika kabel jaringan data atau komunikasi nirkabel bukan merupakan opsi yang layak.



Broadband Nirkabel

 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini 7 Trend Layanan Berbasis Jaringan Di Seluruh Dunia Saat Ini

Menghubungkan ke Internet sangat penting dalam teknologi rumah berakal. DSL dan kabel ialah teknologi lazim yang digunakan untuk menghubungkan rumah dan perjuangan kecil ke Internet. Namun, nirkabel dapat menjadi pilihan lain di banyak bidang.

Penyedia Layanan Internet Nirkabel (WISP)

Penyedia Layanan Internet Nirkabel (WISP) ialah ISP yang menghubungkan pelanggan ke titik susukan yang ditunjuk atau hot spot menggunakan teknologi nirkabel serupa yang ditemukan di jaringan area setempat nirkabel (WLAN). WISP lebih umum ditemukan di lingkungan pedesaan di mana DSL atau layanan kabel tidak tersedia.

Meskipun menara transmisi terpisah dapat dipasang untuk antena, antena umumnya dipasang pada struktur yang ditinggikan, mirip menara air atau menara radio. Antena atau antena kecil dipasang di atap konsumen dalam jangkauan pemancar WISP. Unit susukan pelanggan terhubung ke jaringan kabel di dalam rumah. Dari perspektif pengguna rumahan, pengaturannya tidak jauh berlainan dengan DSL atau layanan kabel. Perbedaan utama yakni bahwa koneksi dari rumah ke ISP nirkabel dibandingkan dengan kabel fisik.

Layanan Broadband Nirkabel

Solusi nirkabel lain untuk rumah dan usaha kecil ialah broadband nirkabel, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Ini memakai teknologi seluler yang sama yang dipakai untuk mengakses Internet dengan ponsel pandai atau tablet. Antena dipasang di luar rumah yang menyediakan konektivitas nirkabel atau kabel untuk perangkat di rumah. Di banyak kawasan, broadband nirkabel rumah berkompetisi langsung dengan DSL dan layanan kabel.